Sabtu, 26 Desember 2009

hari pertama bercinta dng pulau dewata


balik nulis lagi tentang bali setelah sekian lama saya tak bercerita,,, dan mari kita simak bersama,, ^^

keingintauan kita terhadap pantai makin menjadi,, setelah hampir 48 jam berurusan dengan aspal dan rel kereta api,, begah ngedenger suara "jegjeg jejeg" rel kereta berulang2 hampir ribuan kali,, udah bosen kaget2an gara2 kereta api konglomerat lewat ga bilang2,,, mana tu kereta klo lewat pake klakson sgala,, lah pan kita kaget,,, lagi penasaran celingakcelinguk ngeliatin keadaan luar di balik jendela kereta sambil bertanya2 "kenapa kereta kami berenti",, tiba2 nguuuuuuuuuuuuuuuungggggggg,,,, inalillahi,,,

makanya karena keseringan spot jantung itu,,, gw terutama pengen ngeliat ombak,, nikmati buih dan hangatnya sunset,,,



kuta,,, pantai eksotik yang sering jadi legenda,, tempat para turis asing dan lokal ngeliat matahari tenggelam ala Indonesia,, sayangnya legenda kuta sekarang berkurang,, saking padatnya pengunjung dan banyaknya sampah bertebaran,,

padahal ada pantai yang lebih eksotik di Bali sebenernya,,, pantai di daerah singaraja,,, bali utara,, pantai Lovina namanya,,, pantai yang setiap subuh disediakan atraksi lumba2,,, sun rise terindah yg pernah gw liat ya di pantai itu,,, masih sepi dan minim sampah,,, cocok buat pasangan muda yg baru nikah dan berniat beribadah di temani deru ombak,,, menambah semangat ibadah terlegit yang diciptakan Tuhan kala itu,,,makin menggebu,,, makin asoy geboy gedebuk enjoy,,hahaha,,,

cukup2 ngomongin masalah "ibadah",,, klo keterusan bisa iritasi ntar,,,

dengan mempertimbangkan jarak terdekat dan ongkos jadi kami putuskan ke pantai kuta,,, ga mungkin kita naek taksi sampe singaraja,,, karena beresiko tidak kembali ke bandung klo nekat kesana,, ongkos booosss,,,, ^^
lagian klo ga ke kuta berarti ga ke pulau dewata,,, katanya,,,



nikmati sunset yang hampir tiba dan angin laut yang kenceng ampun2an,,,
membuat gaya2 aneh dan berharap ga dijadiin panganan bliroro kidul oleh warga atau di jadiin barang subtitusi kayu bakar buat ngaben gara2 tingkah abnormal kita yg ga ada obatnya,,,
kenikmatan tak terhingga ketika menyimak keindahan luar biasa ciptaan Sang Maha Esa kala itu,,




puas maen pasir dan sebelum di lempar ke laut sama penjaga pantai kita putuskan nongkrong minum2 (keras dan ringan) di CK,, tapi tetep gw lebih baik minum air laut daripada harus nenggak tu alkohol,,,hehhe,,, malah sempet ada rencana terselubung dari sobat2 bajingan gw sebelum kita berangkat ke bali,, mereka berniat nyekokin gw miras,,, untung gw ngarti gerak gerik kalian,,,hehehe,, maaf sob,, saya ga minum tu jenis aer,,, khamr,,, memabukan,,, harom sob,,, harom,, saya lebih memilih kopi kalengan,,, aman,, jelas ada tulisan HALAL,,,


selesai nongkrong sembari disugguhi bule2 mantap kita jalan2 bingung mo kemana,, diputuskan lah berfoto ria dan akhirnya beberapa orang memutuskan untuk belanja,,, for the GODSAKE,,, guys,, inget status kita tu "backpacker",,, bukannya "istri-istri centil pejabat",,,


dan okelah masih bisa dimaklumi klo belanjanya cm ke satu toko dan langsung dapet barangnya,,, lah ini kaga,,, kita malah keluar masuk hampir 10 toko buat dapetin 1 kaos,,, makin terpuruk sob status kita,,, mulai saat itu gw langsung merasa jadi tante2 gaul yg ke bali sekedar nyari selendang,,, cuman kurang hotpants dan kacamata hitam bertengger di atas kepala aje,,,


puas berbelanja,,, santai di pinggir jalan dengan raut muka nanar bepikir keras "aduuuhhh,,, padahal hotpants super ketat yg tadi bagus bgt bo,,, eike nyesel beli yg ini... apa eike beli 2 aja kali ya???"


hari pertama ini mantap kawan,,,walaupun status backpacker kita sempat ternodai disini,,, dan hingga berada di kasta tecentil di bumi ini gw tetep bersyukur kita masih pake celana bukan hotpants,,,mari kita sambut hari ke-2 di pulau dewata dengan niat tulus tak akan belanja berlebihan,,,^^

Minggu, 20 Desember 2009

what a massive extremely fantastic movie,,


hari sabtu kemaren akhirnya gw ntn sama ade gw dan bersama salah satu temen gw yang punya hobi "NONTON BIOSKOP SENDIRI",,, tapi kemaren dia ga sendirian lagi,,, hehe,,
dan gw baru tau ternyata di deket rumah gw ada XXI yang amat fantastis,,, gueeedeee banget,,, dilengkapi dengan 7 studio dan layar yang gedenya cukup buat bikin sarung se-ciledug,, karena selama ini gw menyangka XXI itu bakal dipenuhi alay2 pacaran dipojokan sambil makan popcorn dan beradegan mesra yang ngebuat gw ga harus bayar ntn bioskop buat liat adegan romantis,,, tapi pas gw masuk ternyata semua imajinasi gw ga bener,,, and thx GOD XXI ini cuma 15 menit dari rumah saya,,, ^^

ketika pertama kali gw liat film ini di you tube,,, gw udah yakin klo ni film bakal keren bgt,,, lah jelas aja wong lebih dari $500 jeti budget buat ni film,,,

film ini berdurasi 2 stngh jam dan berhasil membuat gw ngedumel kenapa cuma 2 stngh jam,,, gw berharap lebih,, 8 stgh jam kek,,, ampe dia punya cucu dan cucunya punya cucu lagi kek,, atau paling ga ada serialnya kek sehingga ada avatar 13 kaya sinetron tersanjung yang udah ampe 12,,


gw suka bgt film ini,, gw suka bgt konflik yang ada di film ini,,, dan yang pasti gw suka bgt planet PANDORA,,, indah bgt, unik, like a heaven,, merinding gw ketika adegan mereka berenang di sungai malem2,,,

"YA Tuhan apa di surga MU nanti seperti ini,,,"
"masukan hamba ke dalamnya Tuhan,,,"



sang director james cameron sukses bikin gw mengidamkan "Banshee Dragon" sebagai binatang peliharaan,,, ketika jake sully mendapat naga pertamanya dan di bawa terbang keliling planet pandora, itu jg bikin gw pengen lompat ke layar dan berharap gw ada di planet itu seketika,,, keren bgt planetnya,,,

konflik di film ini sangat sederhana,,, dan bikin gw inget sama satu negara,,,, PALESTINA,,

di film ini planet pandora yang memiliki kekayaan alam di jajah oleh manusia serakah,,, dan penduduk asli planet tersebut mengadakan perlawanan,, apalagi ketika scene rumah pohon mereka di bombardir pake roket dan bom,,, sangat palestina sekali,,




disitu gw yakin klo sang sutradara pengen ngasih pesan kepada negara2 penjajah bahwa penduduk asli negara tersebut tidak akan pernah rela dan pasti akan melakukan perlawanan meskipun mereka harus mati,, mereka tidak akan diam,,, karena mereka jg punya hak buat hidup tenang,,, tanpa di usik oleh penjajah yang di laknat Tuhan,,,


ga kan ada yang rela rumahnya di luluhlantahkan dan tanah kelahirannya dipindahtangankan,ga akan ada yang rela bila perjanjian damai dan negosiasi malah merugikan para pribumi, ga akan ada yang rela tempat ibadahnya di usik dengan alasan picik apapun, ga akan ada yang pernah rela anak,suami,istri,ibu,atau ayahnya dibunuh dan diperlakukan selayak binatang,,,
semoga dalam waktu dekat akan ada avatar2 yang datang untuk membebaskan "the pandoras planet of palestine",,, amin,,,

mantep deh pokonya ni film,,, karena emang gw suka bgt science fiction dan film2 dengan daya khayal luar biasa,,, gw kasih 1000 buat ni film,,,^^

Jumat, 18 Desember 2009

ready or not it will, then have to, and it must be,,


gw tau sekarang apa yg bikin gw sempet ngedown sbulan terakhir ini dan masih ada sisa2 ampe sekarang,,, ketidaksiapan gw meninggalkan kenyamanan rumah, di manja orang tua, gajian abis masih bisa di bantu mereka, semua tersedia di kamar, dan gw harus meninggalkan semua,, sementara,, namun bakalan lama gw rasa,,

gw harus memulai semua dari 0,, di jambi nanti ga ada apa2 bahkan tempat tinggal pun gw harus nyari dulu, ga ada fasilitas selengkap di rumah, ga ada manja2an sama nyokap, ga ada pacar yg bisa di temuin kapanpun gw mau seperti klo gw tinggal di rumah, ga ada temen2 akrab yg bisa gw temuin dan sekedar mengobrol santai tiap malam di warung mamang,,,

disana gw harus mulai dari awal, beradaptasi dari awal, dari mulai adaptasi lingkungan, suasana, dan fasilitas yg terbatas,,, sampai sosialisasi adaptasi diri dengan sikap, karakter, serta budaya setempat,,,, dan itu yang buat gw ga siap,,,
dulu pas gw diterima di UNPAD perasaan ini jg muncul tapi ga sedahsyat sekarang karena JAKARTA-BANDUNG hanya 2 jam dengan hanya mengeluarkan 40-50rb,,,sekarang JAMBI-JAKARTA hanya 1 jam dengan membayar 750-1 juta sekali jalan,,, alamat gw makan rumput liar tepi jalan di jambi klo sering2 balik ke jakarta,,, ^^

TAKUT,,, itu yang melemahkan manusia,,, dan jujur gw berhasil dilemahkan,,, padahal dulu gw selalu diajarkan manajemen emosi dan pengendalian diri,,, tapi itu belum berhasil gw terapkan saat ini,, masih berasa belum bisa LEPAS dan itu cepat atau lambat harus dilaksanakan,,, LEPAS dari orangtua,,

ya,,, LEPAS dari kenyamanan yang ada cepat atau lambat,, LEPAS dari segala fasilitas yang keluarga gw adakan cepat atau lambat,,, LEPAS dari segala tetek bengek sifat kekanakan dan manja gw ke mereka cepat atau lambat,,, and I HAVE TO AND MUST BE CREATE MY OWN LIFE sooner or later,,, itulah kenapa peter pan ga mau jadi orang dewasa,,, karena kehidupan dewasa itu sebuah dilema, banyak ketidakpastian, tuntutan membengkak, aktualisasi diri makin menjadi, ingin di hargai semakin ada,,,

semua berawal dari pola pikir,,, dan gw masih takut untuk berpikir pola yang beda,,, contoh: di jambi nyaman koq dim, santai ajalah dim disana lu bakal jadi raja kopi, yaelah dim where is ur traveller soul yang dulu sempet jadi cita2 lu,,,,and etcetera,,,


semua berawal dari keharmonisan antara hati dan otak,,, dan gw belom bisa menyeimbangkan antara otak gw yang berpikir keras untuk mendapatkan hidup layak di masa depan dan hati gw yang sampai sekarang belum bisa menerima bahwa salah satu potongan mozaik masa depan gw ada di jambi,, ya,,, potongan masa depan gw ada di luar jawa,,, dan hati gw blom bisa menerima,,,

dan gw hanya bisa berdoa setiap akhir solat gw,,,

TUHAN pemilik semesta alam jauhkan hati ini dari rasa sedih dan gelisah

TUHAN yang mampu mendirikan langit tanpa tiang lindungi hambamu yang tidak kenal bersyukur ini dari sifat pengecut dan bakhil

wahai TUHAN yang mampu memasukan siang ke dalam malam jaga hamba dari kesewenang-wenangan orang lain,,,

Ya TUHAN yang mampu menghidupkan yang tidak hidup,, letakanlah dunia yang maha semu ini di telapak tangan hamba,,,jangan di hati hamba,,,






Terimakasih Ya ALLOH atas segalanya,,, ^^

Sabtu, 05 Desember 2009

Jangan mau jadi tololers kebingungan


Dulu mimpi gw adalah gw dapet kerja di luar jakarta,, bahkan klo bisa di luar jawa,,, tapi emang sih gw sebenernya pengen bgt gawe di Bandung kota yang 4 tahun telah membesarkan watak dan kepribadian gw,,, walaupun emang kota ini jg sukses buat gw di cap memiliki kepribadian ganda,, tapi tenang lah sekarang dalam tahap pemulihan nama baik dan citra diri,,, hehehe

Nah akhirnya Tuhan yang maha pemberi lgsng mewujudkan,,, gw diterima disalah satu perusahaan kopi terbesar indonesia dan gw ditempatkan untuk wilayah Jambi,,,dengan posisi yg sangat gw impikan,,, sebagai salah satu orang yang mengembangkan pemasaran dan promosi produk,,, gw diajarkan mengkonsep dan membuat strategi pemasaran disini,,, dan itu berkah paling besar gw tahun ini,,, tapi gw mesti training dulu sebulan di jakarta,,

Gw langsung terima saking excitednya karena akhirnya gw bakal berpetualang,,, dihari kedua gw kerja ga tau kenapa tiba2 aja langsung gw ragu buat pergi ke jambi,,, di otak gw isinya selalu ngebayangin kenyamanan hidup gw di jakarta yg deket sama org tua, pacar, dan temen2 gw,, cemas harus nyambut negeri antah berantah,,,
"senyaman di sini kah?? gimana klo disana ga senyaman di jakarta atau bandung??"
gw jadi orang paling cupu sedunia hari itu,, takut,, perasaan cemas berlebihan,, lebih parah dari ketika gw harus tinggal di Jatinangor,,

Tiba2 ada perasaan ga siap buat ninggalin itu semua,,, di hari rabu kemaren.. gw jadi org paling manja bukan kaya gw yg biasanya,, gw jadi inget bandung,, pengen kerja disana,, tiba2 gw menyalahkan Tuhan kenapa gw selalu sulit bila di kasih pekerjaan,, pekerjaan pertama gw, bentrok sama masalah prinsip,,, pekerjaan gw yg kedua ini gw harus ke jambi,, kenapa gw selalu ga dapet apa yg gw harapkan,, dan seketika itu gw jadi org yg paling kufur nikmat dan paling munafik,, gw ga percaya klo Tuhan maha pemberi,,, karena apa yg gw sangat harapkan jarang sekali dikabulkan,,, padahal disetiap tulisan gw selalu mengatakan bahwa Tuhan maha pemberi,, tapi tiba2 aja gw yang men-tidakbenar-kan semua yg gw tulis,, dan sampe tulisan ini tertulis gw masih ragu buat ke Jambi,,, GOD HELP ME!!!

Jangan mau jadi orang bodoh macem gw temen2,,, jng jadi seorang yang munafik dan kufur nikmat,, intinya itu,,, terus bilang ke otak lu "Tuhan itu tau dan memberikan apa yang kalian butuh bukan yg kalian mau,,"

Mungkin gw cuma belum beradaptasi dengan perubahan gw yang harus lebih mandiri sekarang,, dan pastinya gw selalu berharap Tuhan yang maha pemberi akan memberikan gw pekerjaan di Bandung suatu saat nanti,,,karena jujur "bekerja di bandung" adalah keinginan terbesar gw sampe tulisan ini tertulis,,

Minggu, 29 November 2009

manusia2 terhebat tanpa pamrih,,


Mereka makhluk terhebat untuk saya,,
mereka merantau ke jakarta 24 tahun yang lalu dan A&W Restaurant adalah tempat singgah pertama mereka,, pesen rootbear 1 gelas dengan 2 sedotan,,, ga makan dan ga ada cemilan,,

mereka ga punya tempat singgah mereka putuskan untuk menumpang,,, di garasi rumah saudara yang di jadikan kamar,,, bersama saya yang rewel kepanasan,,, bahkan waktu kecil pun saya sudah sangat menyusahkan,,,

mereka nomaden,, mereka pindah2,, bukan rumah sendiri,, mereka hanya menumpang,, bahkan sempat pemilik rumah ribut karena tagihan listrik naek,, gara2 saya ga bisa tidur tanpa kipas angin,,(hahah,,,nyusahin bgt dah ni org,,)

sampe akhirnya saya harus dititipin ke nenek,,, tapi saya tau,, saya di titipkan bukan karena saya menyusahkan mereka,,, tapi lebih karena mereka ga tega saya harus ikut dalam pencapaian hidup dan kerasnya ibukota,,, mereka ga mau saya ikut2an merasakan susahnya hidup di jakarta,,,

sang lelaki bekerja dari mulai mandor pembangunan sebuah gedung yg hanya ada pekerjaan ketika ada proyek,, sampe jadi tukang sensus,, ngitung2 manusia ke tiap rumah,,

sang perempuan harus bekerja sebagai PNS dan rela di bayar 78.000 sebulan,,, tapi mereka mngeluh??? ga sama sekali,,, karena mereka tau ada Tuhan yang maha pemberi,,,

sedangkan sekarang,, saya masih aja stagnan ga mau kerja keras,, leyeh2 merasa nyaman dan sulit keluar dari kenyamanan tsb padahal sejarah mereka sangat hebat dan mereka selalu mengajarkan saya arti kerja keras,, semua yang skrg didapat ga hanya dengan modal bicara,, ini semua berkah Tuhan yang disertai lelahnya badan & terkurasnya pikiran,,,,

mereka selalu ajarkan saya arti sebuah kesederhanaan di balik keserba-adaan,, walaupun tetep aja saya selalu latah untuk bergaya parlente,,

Mereka slalu ada ketika saya butuh APAPUN,,
mereka selalu berani membopong lumpuhnya semangat saya bahkan ketika saya hampir tak bisa percaya Tuhan

sang lelaki yang sangat bijaksana itu berkata "nak.. ketika kamu mendekati Tuhan 1 jengkal maka Tuhan mendekatimu 100 jengkal,,, dan ketika kamu mendekati Tuhan 1 hasta maka Tuhan mendekatimu 1000 hasta.."
dan saya amat mengerti bahwa beliau masih punya beban yang sulit di tangani dan mungkin tinggal setetes saja semangat beliau, tapi beliau bersedia berbagi sisa semangatnya,, ketika si anak hampir saja mati tanpa agama,,

sang perempuan selalu sabar membuatkan saya sarapan ketika saya harus berangkat meraih kehidupan yang telah di contohkan mereka,,, walaupun beliau sibuk dan lelahnya dwifungsi beliau sebagai karyawati dan ibu rumah tangga,, penuh peluh,, tapi beliau tak pernah mengeluh,,

maafkan saya ga bisa menjajikan apapun untuk hari tua kalian,, saya cuma bisa mengusahakan dan selalu mendoakan kalian..

wahai Tuhan yang maha pengampun.. ampunkanlah mereka,, seperti mereka selalu mengampuni kedurhakaan hamba yang ga ada abisnya,,
wahai Tuhan yang maha pemberi,, sayangi dan rawatlah mereka seperti mereka telah merawat dan menyayangi hamba hingga sekarang tanpa imbalan,,
wahai Tuhan pemilik semesta alam,, kumpulkan hamba kembali dengan mereka di surga-Mu kelak,,

terimakasih untuk kalian,,

Jumat, 27 November 2009

di seberang sana ada pengalaman tak terduga ,,


beli tiket paket dari stasiun gubeng,, Rp 100.000 (Gubeng-Banyuwangi-Bali),,, dan lebih nyaman lagi keretanya,,, dapet kelas bisnis.. sampe banyuwangi ada bis nunggu buat nyebrang,,

oiya kereta kita ngelewatin bendungan danau porong lho,,, sumpah kaya kota mati tu kabupaten sidoarjo,,, lumpur2 kering yang jadi debu bikin suasana malam di tempat itu kaya kota hantu,, di sebelah kiri ada tembok gede yang langsung gw tangkep itu sebuah bendungan,,, di dalam bendungan itu pasti bekas rumah warga tapi sekarang udah jadi danau lumpur,,

hasil serakahnya para konglomerat,, yang kena dampak malah saudara2 kecil mereka,, di ganti pun harus nunggu cukup lama,, saking menderitanya (berdasarkan info dari penumpang di belakang gw) banyak warga korban lumpur itu yang jadi pengemis ketika siang hari,, malemnya tidur di tenda,,,

untuk menutupi kebusukannya,,para konglomerat terhormat tsb nyumbang ini-itu,, konferensi pers disana-sini,, perbaikan citra diri,,,entah gimana nanti tanggung jawab para pembesar serakah itu di depan singasana Tuhan kelak,,, para tai kapitalis,,, bahkan klo ada kotoran paling kotor mungkin itulah mereka,,, sok2an punya hati tapi ga ada bedanya sama hitler atau mussolini,, sampah-sampah amerika-Yahudi,, dan pemerintah?? diam dan baru bertindak ketika pemilu tiba,,, ga salah emang klo negara ini sering disebut negara gagal,,, (dan saya emosi nulis ini,, jujur,,),,, breath in,,, breath out,,

semoga ada masanya negara ini sejahtera Tuhan dan saya yakin itu ada,,,

udah ah back to the topic,,
banyuwangi,, pagi hari,,, dan biasa perut ga bisa di ajak negosiasi,, selingannya adalah beli nasi,, nasi kucing isi ayam di cabein,,, 3000 saja,, ga lebih dari 10 sendok klo ga salah waktu itu gw abisin (yah lumayan lah) mantap,, pedes,, dan gw kehabisan air gratisan ibu2 yg jualan,,, anjriiittt,,, pagi2 di kasih jackpot nasi cabe bajingan tanpa aer minum,,, bah,,,

abis makan siap2 buat berangkat,,, masalah ga ada abisnya,, bis buat nyebrang penuh,,, panik??? o00 sudah jelas,,, moso kita di suruh nyebrang dengan berenang??? apa kabar dengan dugong jantan kita ntar?? berenang pun dia sulit,,, ^^

panik dan jeri hampir meluluhlantahkan banyuwangi,,, untungnya sebelum insiden makan orang oleh jeri terjadi, petugas stasiun menenangkan,,, dan ada bis satu lagi,,, hampir aja banyuwangi jadi "porong 2",, kena muntahan lumpur sponsored by jeri parulian el ebane pardede,,,hahaha

akhirnya menyebrang dan di ujung utara sana terlihat menara2 pemancar gelombang sinyal angkuh menjulang,,, pulau bali kawan,,,

di belakangnya ada gunung bromo dan dia lagi centil,, abis dandan,, cantik dan indahnya si bromo kala itu,,



45 menit saja dan akhirnya kami tiba,, pulau cantik yang mulai kena kontaminasi sampah,, tapi ga menyurutkan langkah kami bahkan kami tambah menggila,,,

sebelum keluar dari pelabuhan,,, 4 meter sebelum pintu keluar,,, kita adakan acara ceremonial kecil2an,,, dan saudara hidranto mendapat kehormatan untuk menjejakan kaki di tanah bali untuk pertama kali,, bagi beliau inilah kali pertama dia ke pulau dewata,, inilah sedikit ekspresinya,,

mantap to,, ^^

satu masalah lagi dan yang paling fatal,, gw bingung dimana kita nanti harus turun dari bis ini,, jujur temen2,, dulu gw panik tapi gw diem aja takut kalian ikut panik,,, hahaha,, ngedumel aje dah dalem hati,,
"ditunggu tante gw dimana ya??? aduh lupa2 inget gw jalannya,, pokonya patokannya mesjid putih gede sebelah kanan yang nama mesjidnya pun gw lupa,,, hahaha,,, sori klo salah turun,,,

tapi untung memori gw cukup kuat,,, modal nekat dan kita turun di sebelah mesjid yang gw perkirakan sebagai mesjid tempat gw solat ied tahun lalu,,, tempat kita turun sekitar 1 km sebelum terminal ubung bali,,, hahaha,,, dan tepat sekali,, ^^

pada saat gw keluar pelabuhan dan duduk tenang di bis tersebut gw udah membayangkan dan siap menyambut cerita seru kami,,, di bis itu perasaan gw campur aduk antara "excited dan ngebuat planning perjalanan, panik karena lupa harus turun dimana, sama nahan kentut gara2 angin mamiri di selat bali",,, haha,,

awal cerita sesungguhnya di mulai dari bis ini,,, bis dengan lambang mirip huruf Z,,, lambang PT. KA indonesia,,,

Ngarep,, ^^


pengen nulis lanjutan "road to bali" tapi lagi kering inspirasi,, hehe,, yasudah gw mau share yg satu ini aja,,

harapan menurut gw adalah keinginan dari manusia yang paling mendasar yang apabila terwujud maka bakal bikin manusia tersebut terpuaskan,,, tapi emang basic orang2 kaya gw ini ga ada puasnya ya jadi ngarep terus dah,,,

harapan adalah sebuah mimpi yang mesti di wujudkan dengan usaha dan doa,,, bahkan mungkin doanya 80 % dan usaha 20 %,, gw selalu menerapkan prinsip,,, bahwa dalam mewujudkan harapan ada beberapa tahapan yang harus di jalani,,, Doa, Usaha, Doa, dan yang terakhir adalah berdoa,,

percayalah temen2 sama kekuatan doa,,, orang yang berprinsip bahwa "ini kan hasil kerja keras gw,,, ga perlu lah banyak2 doa,,, yang penting usahanya,," that was true,,, gw juga tidak menolak pernyataan itu,,, tapi balik lagi temen2 semua yang kita dapet sekarang pun dari hasil dari Harapan, Berdoa, Usaha, di akhirnya juga pasti berdoa lagi, dan kita tunggu aja Tuhan ridho apa ga,,,

analoginya,, lu pengen HP,, minta nyokap lu,, trus kata nyokap lu "ngepel dulu sana",,, nah kan alangkah lebih baik klo abis selesai ngepel,,, bikin luluh hati nyokap lu sekali lagi dengan cara lu minta lagi ke nyokap,,


berharaplah temen2,, karena dari harapan akan lahir sebuah konsep, perencanaan, dan visi apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya,,

berharaplah karena itulah dasar dan alasan kenapa kita mempertahankan hidup dan tidak takut mati,, karena ketika di dunia kita pasti berharap hidup serba ada,, dan kitapun tidak akan takut mati karena kita pasti berharap masuk syurga,,

harapan bukan sebuah judi yang semuanya bergantung oleh bagus tidaknya hari,, harapan juga bukan alasan untuk terus bermimpi justru dijadikan cambuk untuk terus berlari,,

berharaplah karena asal kalian tau bahwa Tuhan adalah dzat yang tidak pernah tidur dan maha mengerti,,, berharaplah karena jangan takut kawan2,, Tuhan sangat kaya dan Ia maha pemberi,,