Kamis, 25 Februari 2010

pilih mana ayooo!!!


Rosul said:
Barang siapa yang fokus perhatiannya hanya akhirat maka Allah akan kokohkan urusannya dan Allah jadikan kekayaannya di dalam hatinya dan dunia datang padanya tanpa diminta, dan barang siapa yang fokus perhatiannya hanya pada dunia maka Allah cerai beraikan urusannya dan Allah jadikan kefakirannya di depan kedua matanya dan tidaklah datang dunia kepadanya kecuali yang telah Allah tetapkan baginya (HR. Ibnu Majah).

terus hari gini masih nyari duit buat lomba2an tajir, ngejar jabatan biar serasa paling hebat, masih harus ngebuktiin diri gw paling kaya dan paling berkuasa,, ke manusia pula... ngebuktiin klo kita yang paling2 ke orang lain padahal nanti kita bareng2 baris rapi di padang masyhar,, masa bodo dulu mobil lu ada berapa atau lu big bos perusahaan apa,, ga peduli dulu kt seterkenal apa,, atau selihai apa kt dulu dalam ber-presentasi di depan rekan kerja,,

padahal sadar ga sadar kita yg lagi ngejar kehidupan dunia, pengen serba mewah tanpa didasari sikap kita siap mati, malah bikin kt makin deket ke akhir dari hidup,, coba bayangin,, sekarang gw 22 taun,, gw ngejar jadi org tajir minimal jg umur 35,, makin gw ngejar dunia makin deket masa hidup gw di dunia,, iya klo sampe umur 35 klo besok gw mati?? iya klo umur 35 udah tajir klo belom?? masih terus dikejar?? terus akhiratnya kapan dikejar?? padahal makin gw lupa sama kampung akhirat malahan makin kecium bau padang masyhar,,

sbnrnya ga masalah nyari duit atau jabatan,, gw jg dalam tahap itu,, tapi buat aktualisasi diri ke manusia tanpa mempertimbangkan berat tidaknya amanah uang atau jabatan itu atau tanpa mempertimbangkan di perusahaan apa saya kerja dan apa jenis pekerjaannya,, kayanya udah bukan masanya,,

alangkah lebih baik klo balance,, mungkin sedikit lebih banyak ke akhirat klo bisa,, 40-60 lah,, mumpung masih muda,, kenapa ga sedari skrg selain kejar hidup mewah di dunia kt jg sembari kejar hidup kaya di surga,,

ni ada contoh yg menurut gw ga balance:

di piramida kebutuhan maslow gw baru tau kenapa ga ada kebutuhan akan Tuhan,, pdhal sadar penuh yg ngasih kebutuhan2 diatas itu Tuhan,, tapi di teori beliau Tuhan seperti tidak di butuhkan,,

Kadang Tuhan ngasih sesuatu sbg testing, kata Tuhan: "Lu pilih hidup enak selamanya di kampung akhirat apa mewahnya dunia sampe umur 80 taun..." tapi kadang gw takut milih akhirat,, karena nikmatnya akhirat belum terasa itu baru sekedar janji,, tapi Tuhan maha menepati Janji,, jadi ya harusnya sih ga usah takut,, siapa yg paling bisa menepati janji selain Tuhan,,

semoga lain kali gw ga takut utk memilihNya dan apapun yg terjadi ke depan yang pasti semoga gw bisa mengaktualisasikan diri buat hidup ini semata-mata karena gw pengen mati tanpa di siksa, di kuburan tenang, dan malaikat Ridwan senyum sambil membukakan pintunya,,

Assalamualaikum ya ahli syurga!!!

langsung misi pertama gw nyubit pipi tu malaikat,, hehehe,,

makanya ada doa yg bagus bgt dari sahabat nabi...
"Ya Alloh Tuhan yang maha membolak-balikan hati hamba-hambanya, tempatkanlah dunia ini di telapak tanganku jangan pernah tempatkan ia di hatiku"...

Senin, 15 Februari 2010

sebentar saja di simak


merujuk pada film yang pernah gw tulis kisahnya kemaren,, tentang pribumi yang ga rela tanah nya di jajah,, gw dapet artikel tentang kejadiannya di dunia nyata,,

Para aktivis Palestina berdandan serta berpakaian ala Na'vi seperti karakter yang ada di film "Avatar", mereka berbaris di desa Bilin untuk memprotes pembangunan tembok memalukan Israel yang membagi wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Para pengunjuk rasa, mengecat tubuh mereka sendiri dengan warna biru, berpose seperti karakter dari film terkenal "Avatar."

Demo "Avatar" terjadi sehari setelah Israel mulai bekerja membangun kembali bagian dari dinding kontroversial di Tepi Barat lebih dari dua tahun setelah adanya putusan Mahkamah Agung.

Para demonstran juga mengenakan rambut panjang palsu dan kain kafiyeh yang dililitkan di pinggang untuk memprotes pembangunan kembali tembok pemisah Israel pada hari Ahad kemarin (14/2) di dekat desa Bilin.

Mereka menyamakan perjuangan mereka ke perjuangan intergalaksi - salah satu adegan yang digambarkan dalam film "Avatar".

Dalam keputusannya, pengadilan Israel mengatakan penduduk desa telah melawan diskriminasi dengan mengambil tanah yang tidak sah serta memasang lahan pertanian mereka dengan penghalang sehingga mencegah pembangunan tembok.

Desa Bilin telah menjadi simbol dari perjuangan terhadap penentangan pembangunan tembok pemisah Israel.

Palestina menyebut tembok penghalang itu sebagai "tembok apartheid" dan melihatnya tidak lebih sebagai upaya Israel merebut tanah warga Palestina serta upaya Israel untuk membantu dan mendukung serta memperluas pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

Ratusan warga Palestina, warga Israel sendiri, dan aktivis asing telah melakukan demonstrasi yang berujung bentrok, beberapa demonstran terluka dalam bentrokan selama bertahun-tahun dan salah satu pengunjuk rasa Palestina tewas.

muslim bagaikan na'vi yang lagi di jajah sekarang,, masih tega kita diem aja??? bahkan buat sekedar tau perkembangan ttg mereka,,, cuma sekedar tau kabar mereka gimana sekarang sob,, lu masih ga mau,,??? di waktu senggang lu ber-FB-an,, setelah beraktivitas seharian mencari materi dan hidup kaya,,, setidaknya ada TAB lu yang lain ada di samping wall FB lu dan lu sedang baca kabar saudara lu di palestina dimana mereka butuhkan bukan materi berlimpah dan hidup kaya,, mereka hanya butuh perhatian dan hidup bebas,,, tanpa ada embel2 syarat A, B, C di tanah mereka sendiri,,,

masih lu pikir itu urusan negara lain??? sekali lg temen2 ini udah masuk lebih dari masalah kenegaraan,, ini masalah ideologi,, agama lu sendiri,, klo mau berkaca lewat pluralisme dan toleransi antar umat beragama,, apa israel bisa mentolerir bayi2 muslim yang mereka bom? atau mesjid al-aqso yg hampir runtuh akibat galian israel di bawahnya?? klo berkaca lewat humanisme dan HAM,,, apa mereka manusiawi??,,

kalian tau motivasi israel ngejajah? karena agama mereka menyuruh untuk menjajah,, apa itu kurang cukup ngebuktiin klo bukan sekedar masalah pencaplokan tanah?? berebut defacto dan dejure?? ini lebih dari sekedar itu,,

masih bisa kalian apatis???padahal dengan lu sekedar membaca dan tau kabar mereka itu udah cukup membantu menurut gw..

masih ga bisa sedikit peduli bahkan status lu hari ini lebih penting drpd membaca kabar "ade, bapa, kaka, ibu" lu yg lain,,jadi apa bedanya kita sama tembok yang dibangun israel???

Rabu, 10 Februari 2010

Dear God,, i want to thank to You ,, Thank You,,


pa ucok,, gw biasa manggil dia,,, security kantor yang punya ideologi tinggi tentang hidup dan masalah2 hidup itu sendiri,,, dia yang ngajarin gw klo hidup itu maha rumit dan misteri Tuhan kenapa hidup itu rumit,, dia yang bilang dibalik kerumitan hidup ada jarum2 yang siap buat meluruskan kerumitan,,, tapi jarum itu masih ada di tumpukan jerami,, ya Tuhan,, filsuf sejati ni security,,,

pa ucok,, sang ex-calon dokter jebolan UKI angkatan 1972 yang membuat kesalahan fatal di semester pertamanya sehingga dia di deportasi dari kampus dan keluarga dan jadilah dia security sampe sekarang,, dia yang punya andil ngebentuk jiwa survive gw selama sebulan di jambi dengan ilmu hidupnya,,, dia bilang " semua org itu kekurangan,, semua org ga akan merasa cukup, semuanya sibuk berkeluh kesah, tapi ga buat saya,, saya bersyukur Tuhan,, utk semuanya,,"

pa ucok,, bapak berusia 63 tahun yang punya 7 anak dan digaji 750,000 sebulan,, masih bisa mendongak keatas,, taraf dia udah sampe siap berbagai ilmu,, ilmu utk bersyukur,, sedangkan gw masih sibuk tidak puas,, sibuk mengeluh,, sibuk meminta,,
padahal ada 1 ruangan di akhirat sana tempat kerja malaikat yang selalu kosong,, ruang dari divisi "terima kasih",, sedangkan di ruangan lain ada 1 malaikat yang sangat sibuk bekerja menyortir surat dari manusia,, ruangan itu ada di divisi "permintaan",,, perbandingan surat yang dateng ke meja Tuhan antara "Terima Kasih" dan "Minta" bedanya jauh,,,

pa ucok,,, manusia tank anti mengeluh,, bapa yg sukses bikin gw merinding ketika dia ngomong sambil hormat "Tuhan saya siap kapanpun Kamu panggil",, nyeeessss,,, ni hati gerimis,,, bukan karena pa ucok merasa sengsara di bumi makanya dia siap mati tapi lebih karena dia rindu Tuhannya,,,

security dimana gw selalu habiskan waktu ketika jam istirahat dengannya,,, sekedar cekikikan atau bertanya,, sharing masalah,, dan dia pernah bilang "ga ada salahnya meminta,, kemungkinan itu selalu ada,, tapi ketika belom dikasih,,, ya sabar aja,,"

pa ucok,, hidup sempit tapi pikiran ga ikut terbelit,,, hidup itu pilihan dan setiap pilihan ada resikonya dia bilang,, setiap resikonya di hadapi dengan lapang dada,, karena Tuhan tau yang paling baik buat hambaNya beliau menambahkan,,


terimakasih Tuhan,, ^^

Rabu, 03 Februari 2010

Paket Kilat Hidup (lahir-anak-muda-tua-mati)


gw nemu artikel ini di eramuslim:
Setiap manusia harus menghabiskan sebagian waktu hariannya untuk tidur. Tidak peduli seberapa banyaknya pekerjaan yang ia miliki atau hindari, ia tetap akan jatuh tertidur dan berada di tempat tidur untuk sedikitnya seperempat hari. Karenanya, manusia sadar hanya delapan belas jam sehari; ia menghabiskan sisa waktunya minimal rata-rata 6 jam per hari dalam ketidaksadaran total. Jika dinilai dari sisi ini, kita menjumpai gambaran yang mengejutkan: ¼ dari rata-rata 60 tahun kehidupan dihabiskan dalam ketidaksadaran total.

setidaknya 15-20 tahun dari 60 waktu hidup dihabiskan untuk tidur. Awal 5-10 tahun dari 40-45 tahun sisanya, dihabiskan dalam masa kanak-kanak, masa yang juga dilewati dalam keadaan yang hampir tidak sadar. Dengan kata lain, seorang berusia 60 tahun sudah menghabiskan sekitar separuh hidupnya tanpa kesadaran. Mengenai separuh hidup-nya yang lain, tersedia banyak statistik. Angka-angka ini misalnya, termasuk waktu yang digunakan untuk menyiapkan makanan, makan, mandi atau terjebak kemacetan.

Kesimpulannya, kira2 sisa dari sebuah hidup yang "panjang" cuma 3-5 tahun dia bener2 "hidup",,, itu belom dipotong dng harus kerja, dagang, ngurus keluarga,,, jadi apa yg sebenernya bisa di nikmatin di bumi dan berapa lama,,

mungkin ada pendapat :"makanya ga ada salahnya nikmatin hidup yg cm 3-5 tahun doang,,"
gw setuju tapi jng sampe lupa juga buat nyiapin hidup lu selanjutnya setelah lu tewas nanti,,

ga ada yg abadi klo kita masih di bumi,, yang tadinya lu seneng ada aja masalah besoknya yg bikin lu nangis,, yang hari ini lu sedih ada aja besoknya yg bikin ketawa,, semuanya serba sebentar sob,,, ada aja yang bikin ga puas,, cuma di kehidupan yang ke-2 kita bisa abadi dan nikmatin "kehidupan" yang belom sempurna di bumi,, tapi jelas syaratnya ya harus masuk sorga,, dan ga gampang ngedapetinnya,, cuma modal solat aja mana cukup,, itu jg klo solatnya lancar,, klo bolong2 laen urusan,,klo cm modal lancar zakat tapi msh takut mati ya podo wae,, itu mending klo takut matinya karena belom sempet tobat,, klo takut matinya karena ga bisa ninggalin dunia atau belom kawin laen lagi urusan,, masih sempet2nya mikirin kawin pas roh udah di tenggorokan,,,

semoga ada waktu untuk gw pribadi buat manfaatin 3-5 taun hidup gw di bumi untuk ngedapetin kesempurnaan nikmatnya "kehidupan di bumi",,,

Tuhan saya serahkan hidup dan semua masalah yang ada di dalamnya kepada MU, letakanlah bumi ini di telapak tangan saya jangan pernah dihati saya karena dia berjalan cm sebentar,, dan sempurnakan kehidupan saya di surga MU kelak yang belum sempurna saya rasakan disini karena saya tau Engkau Sang maha adil dan keadilanMu tidak mungkin dipertanyakan..

Selasa, 02 Februari 2010

the Batanghari story


batanghari adalah sungai yang membelah seluruh jambi dari utara jambi hingga selatannya,,, cb aja liat di google earth,, sungai yang bikin gw takjub,, gedenya ampun,,, disini adalah kawasan wisata,, berhubung disini minim entertainment zone, jadi kawasan ini adalah pilihan warga Jambi untuk berpetualang,,, dari mulai petualangan menyusuri sungai batanghari ampe ke laut hingga petualangan menyusuri pendar2 sungai cinta berdua,, ya Tuhan,, gw merinding nulisnya,,^^

iya sob disini tempat org pacaran,, dari mulai peluk, gandengan, bahkan yang lebih ekstrim lagi makan jagung bakar sambil pegangan tangan duduk di depan sungai yang mengalir tenang dan tangan yang satunya sibuk ngelus rambut pasangan masing2,, nah jagungnya di pegang pake kaki.. hahaha,,, (oke gw agak berlebihan untuk fakta yg terakhir)

Ancol adalah sebutan untuk wilayah ini,,,wilayah kerja para pasangan,, makanya sengaja gw datengnya siang,, hahaha,,, siang masih sepi sob enak buat survey tempat,,tapi ada aja 3-4 pasangan yang lagi indehoy di bawah pohon kelapa,,, sibuk berdua,, centil2an tanpa malu,, minta di lempar sepatu,,tapi ni daerah asik buat promosi,,, omset bgt,,, tinggal pake tagline "Pacaran ga lengkap tanpa Kopi Kapal Api" atau tag line ini "indehoy sampe subuh sama si doi?? bisa aja asal minum Kopi Kapal Api",,,(rada dipaksakan tapi bole la,,,^^)

tapi kadang bikin gw senyum2 sendiri,, haha,, lucu kelakuan org kasmaran ternyata,,, semua serba nyaman,, mungkin walaupun jagung bakar dipegang pake kaki pun klo berdua semua masih terasa nyaman,,,bahkan meski ada naga liong keluar dari sungai batanghari dan ngacak2 kota Jambi tu pasangan bakal ga akan pindah tempat duduk mreka,, nyaman,,, semua nyaman,,


dan moment terbaik ketika senyum2 sendiri itu adalah gw keinget si nona yang jauh disana,,, miss u so much,,^^