Senin, 15 Februari 2010

sebentar saja di simak


merujuk pada film yang pernah gw tulis kisahnya kemaren,, tentang pribumi yang ga rela tanah nya di jajah,, gw dapet artikel tentang kejadiannya di dunia nyata,,

Para aktivis Palestina berdandan serta berpakaian ala Na'vi seperti karakter yang ada di film "Avatar", mereka berbaris di desa Bilin untuk memprotes pembangunan tembok memalukan Israel yang membagi wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Para pengunjuk rasa, mengecat tubuh mereka sendiri dengan warna biru, berpose seperti karakter dari film terkenal "Avatar."

Demo "Avatar" terjadi sehari setelah Israel mulai bekerja membangun kembali bagian dari dinding kontroversial di Tepi Barat lebih dari dua tahun setelah adanya putusan Mahkamah Agung.

Para demonstran juga mengenakan rambut panjang palsu dan kain kafiyeh yang dililitkan di pinggang untuk memprotes pembangunan kembali tembok pemisah Israel pada hari Ahad kemarin (14/2) di dekat desa Bilin.

Mereka menyamakan perjuangan mereka ke perjuangan intergalaksi - salah satu adegan yang digambarkan dalam film "Avatar".

Dalam keputusannya, pengadilan Israel mengatakan penduduk desa telah melawan diskriminasi dengan mengambil tanah yang tidak sah serta memasang lahan pertanian mereka dengan penghalang sehingga mencegah pembangunan tembok.

Desa Bilin telah menjadi simbol dari perjuangan terhadap penentangan pembangunan tembok pemisah Israel.

Palestina menyebut tembok penghalang itu sebagai "tembok apartheid" dan melihatnya tidak lebih sebagai upaya Israel merebut tanah warga Palestina serta upaya Israel untuk membantu dan mendukung serta memperluas pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat.

Ratusan warga Palestina, warga Israel sendiri, dan aktivis asing telah melakukan demonstrasi yang berujung bentrok, beberapa demonstran terluka dalam bentrokan selama bertahun-tahun dan salah satu pengunjuk rasa Palestina tewas.

muslim bagaikan na'vi yang lagi di jajah sekarang,, masih tega kita diem aja??? bahkan buat sekedar tau perkembangan ttg mereka,,, cuma sekedar tau kabar mereka gimana sekarang sob,, lu masih ga mau,,??? di waktu senggang lu ber-FB-an,, setelah beraktivitas seharian mencari materi dan hidup kaya,,, setidaknya ada TAB lu yang lain ada di samping wall FB lu dan lu sedang baca kabar saudara lu di palestina dimana mereka butuhkan bukan materi berlimpah dan hidup kaya,, mereka hanya butuh perhatian dan hidup bebas,,, tanpa ada embel2 syarat A, B, C di tanah mereka sendiri,,,

masih lu pikir itu urusan negara lain??? sekali lg temen2 ini udah masuk lebih dari masalah kenegaraan,, ini masalah ideologi,, agama lu sendiri,, klo mau berkaca lewat pluralisme dan toleransi antar umat beragama,, apa israel bisa mentolerir bayi2 muslim yang mereka bom? atau mesjid al-aqso yg hampir runtuh akibat galian israel di bawahnya?? klo berkaca lewat humanisme dan HAM,,, apa mereka manusiawi??,,

kalian tau motivasi israel ngejajah? karena agama mereka menyuruh untuk menjajah,, apa itu kurang cukup ngebuktiin klo bukan sekedar masalah pencaplokan tanah?? berebut defacto dan dejure?? ini lebih dari sekedar itu,,

masih bisa kalian apatis???padahal dengan lu sekedar membaca dan tau kabar mereka itu udah cukup membantu menurut gw..

masih ga bisa sedikit peduli bahkan status lu hari ini lebih penting drpd membaca kabar "ade, bapa, kaka, ibu" lu yg lain,,jadi apa bedanya kita sama tembok yang dibangun israel???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar